Disable Preloader

Artikel

Peran ISO 9001:2015 sebagai besar ISO adalah standar manajemen mutu, ia juga sebagai alat bisnis oleh banyak orang di lingkungan bisnis saat ini. Manfaat dari penerapan ISO 9001:2015 jauh melampaui sebatas manajemen mutu; ia juga dapat membantu organisasi untuk meningkatkan kinerja, mengurangi biaya rantai pasokan, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan menarik yang baru.

Bagaimana dengan tim anda ? apakah tim anda kehilangan pelanggan atau bahakan tim anda tidak memiliki suatu kualitas yang bagus untuk kinerja yang sudah di buat ?Apakah tim anda memiliki metode yang standar untuk mempertahankannya? ? Kami yakin bahwa jika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dengan jujur, Anda akan menemukan bahwa hampir selalu ada ruang untuk memperbaikan. Jadi, disini kita lihat bagaimana peran ISO 9001:2015 dapat membantu Anda untuk membuka ruang perbaikan tersebut:

  • Standardisasi Proses: ISO 9001:2015 dapat membantu Anda dalam standarisasi proses, yang pada gilirannya dapat memberikan kesempatan untuk memeriksa bagaimana Anda bekerja dan mendorong perbaikan. Penggunaan “pendekatan proses” juga dapat membantu mengintegrasikan proses dan menghilangkan limbah, serta memungkinkan tim penjualan Anda untuk berbagi metodologi umum untuk memperbaikan .
  • Gunakan umpan balik pada pelanggan untuk meningkatkan sistem: ISO 9001:2015 dapat membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan Anda. Meminta umpan balik pada pelanggan tetap dapat membuktikan untuk membantu dan mendorong perbaikan dan meningkatkan kepuasan pelanggan, dan yang kedua, untuk membantu Anda mendorong kebiasaan komunikasi terus-menerus dan hubungan dekat dengan pada klien.
  • Mengembangkan proses tindakan korektif yang sangat kuat: Dalam hal ini terjadi kesalahan, ISO 9001:2015 membantu Anda melengkapi diri dengan proses yang benar untuk mengetahui akar penyebab, menghilangkan, dan memastikannya tidak terulang lagi. Dalam hal berurusan dengan penjualan yang hilang, kiriman yang salah, atau pelanggan tidak puas, tindakan korektif yang efektif dapat menjadi penting untuk kinerja penjualan dan keseluruhan bisnis yang Anda miliki.
  • Mengembangkan Proses Review dan Pengukuran: Mirip dengan lingkungan penjualan, pengukuran yang akurat dan review merupakan elemen kunci dari standar ISO 9001:2015. Menggunakan indikator kinerja utama yang ditetapkan oleh pemangku kepentingan yang relevan dan adanya masukan manajemen puncak dapat meningkatkan tim penjualan yang akan diukur secara akurat dan memberikan landasan faktual untuk inisiatif perbaikan pada bisnis Anda.
  • Manajemen risiko: Ini adalah bagian penting dari standar ISO 9001:2015, dan proses pada manajemen risiko yang efektif dapat memberikan landasan terbaik untuk tim penjualan Anda dalam membuat keputusan berdasarkan risiko yang mempengaruhi pasar pada saat itu.
  • Mendorong Perbaikan terus-menerus: Perbaikan terus-menerus mendasari seluruh ISO 9001:2015, dan dalam hal ini seperti mengembangkan hubungan dengan pelanggan, meningkatkan proses yang ada, atau mengembangkan yang baru, perbaikan terus-menerus dapat meningkatkan kinerja penjualan dan perbaikan tersebut harus di budayakan oleh tim Anda.
  • Meningkatkan kualifikasi organisasi Anda untuk mengikuti tender: Sertifikasi ISO 9001:2015 memberikan bonus tambahan yang memungkinkan masuknya organisasi Anda ke pasar dan peluang tender yang mana dulu belum bisa Anda ikuti. Hal ini menjadi poin untuk organisasi Anda

Share: